Notification

×

Iklan

Upacara Penurunan Bendera Hari Kemerdekaan RI Ke-79 Digelar di Museum Bekasi Komplek Gedung Juang 45 Tambun

Sabtu, 17 Agustus 2024 | Agustus 17, 2024 WIB Last Updated 2024-08-18T02:22:08Z

 



BEKASI ~ Penurunan bendera merah putih dalam rangkaian hari kemerdekaan Rl ke 79 Tahun, yang dilaksanakan di Pelataran Museum Bekasi Komplek Gedung Juang 45 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Di pimpin langsung Danramil 01/Tambun, Mayor. Infanteri Pardi yang menjadi Inspektur Upacara (Irup).


Upacara yang berlangsung dengan khidmat ini menjadi bagian penting dari rangkaian peringatan Dirgahayu Kemerdekaan RI yang digelar di Kabupaten Bekasi.


Upacara penurunan bendera ini dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tambun Selatan, para Kepala Desa se-Tambun Selatan, serta berbagai siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Tambun Selatan. Kehadiran mereka menambah kesakralan momen yang penuh dengan rasa nasionalisme tersebut.


Acara penurunan bendera Sang Merah Putih dimulai dengan didahului penghormatan kebesaran dan laporan Komandan Upacara kepada Danramil 01/Tambun, Mayor Infanteri Pardi. Kemudian Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) memasuki lapangan upacara, dilanjutkan dengan laporan Komandan Pasukan Paskibraka. Penurunan Bendera Sang Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”.


Dalam sambutannya, Mayor Infanteri Pardi menyampaikan bahwa upacara penurunan bendera ini merupakan simbol penghormatan terhadap para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. “Melalui momen ini, kita diingatkan untuk terus menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa,” ujarnya.


Prosesi penurunan bendera dilakukan dengan penuh ketelitian dan kehormatan oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra), yang sebelumnya juga telah sukses melaksanakan upacara pengibaran bendera pada pagi harinya. Seluruh peserta upacara berdiri dalam barisan yang rapi, menunjukkan penghormatan yang mendalam terhadap bendera merah putih yang telah menjadi simbol persatuan dan kedaulatan bangsa Indonesia.


Upacara ini ditutup dengan iringan lagu-lagu Nasional bangsa Indonesia yang dialunkan oleh Marchingband pelajar se-Tambun Selatan.



Dalam kesempatan yang sama, Sofian Hadi.,MM selaku Camat Tambun Selatan mengajak seluruh hadirin untuk terus memperkuat persatuan dan kesatuan serta menjaga kondusivitas di tengah-tengah masyarakat. Hari Kemerdekaan yang ke-79 ini menjadi momentum bagi seluruh bangsa Indonesia untuk terus melangkah maju dan mempertahankan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pendahulu. Saya berharap agar siswa/i sebagai generasi penerus bangsa, khususnya di Tambun Selatan agar lebih menajamkan segi kreatifitas dan minat belajarnya demi terciptanya bibit unggul kedepannya demi nama Tambun Selatan. Pungkas Sofian Hadi.

(CP/red)

×
Berita Terbaru Update